Jumat, 13 Januari 2017

7 Tips Menyiapkan Dana Pensiun sejak Usia Muda

Usia masih muda tapi sudah berencana pensiun? Tidak ada yang salah dengan pemikiran semacam ini. Yang penting Anda tahu bagaimana cara untuk menyiapkan dana pensiun itu. Sehingga nantinya di umur yang Anda tetapkan Anda bisa hidup tenang dan sejahtera.
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk mempersiapkan dana pensiun dini.

1. Buat tabungan khusus pensiun
Ini cara yang paling mudah dilakukan. Anda mulai saat ini sudah menyiapkan tabungan khusus untuk persiapan pensiun Anda nantinya. Tiap bulan Anda harus menabung secara rutin. misalnya Anda alokasikan 15% dari penghasilan bulanan Anda. jadi tiap bulan dari penghasilan yang Anda dapatkan Anda setorkan sebanyak 15% untuk menabung di tabungan khusus pensiun itu.
Ikuti juga asuransi kesehatan terbaik di Indonesia agar bisa berguna untuk memproteksi kesehatan kita. Mungkin ada banyak asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, tapi kita membandingkannya dengan mudah di PasarPolis.com.

2. Ikut program Dana pensiun lembaga Keuangan (DPLK)
Ini juga cara yang mudah dilakukan. Kita tinggal ikut program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).


Program tersebut memang dibuat bagi masyarakat yang ingin menyiapkan dana pensiun. keuntungan ikut program DPLK ini adalah dananya tidak dapat dapat dicairkan sebelum masa pensiun tiba. Jadi dananya tidak akan bisa diambil sewaktu-waktu seperti halnya kalau kita menyimpannya pada tabungan.
Dengan demikian rencana kita ini pun bisa lebih fokus dan terarah. Sehingga tujuan yang diinginkan bisa dapat tercapai sesuai keinginan.
Semakin muda kita ikut program DPLK ini akan lebih baik. Karena selain dana yang perlu dibayarkan lebih kecil, Anda pun akan mendapatkan dana yang lebih besar di masa pensiun Anda.

3. Lakukan investasi
Banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Seperti dengan membeli properti. Itu merupakan salah satu bentuk investasi yang tak akan pernah rugi. Lalu bisa juga pilih jenis investasi lainnya.
Yang penting, saat hendak memutuskan berinvestasi ini kita bisa melakukannya secara rutin. Sehingga nantinya aset investasi yang kita miliki pun terus bertambah.

4. Siapkan dana darurat
Selain memiliki tabungan, ikut DPLK, dan melakukan investasi, sangat baik kalau Anda memiliki dana darurat. Dana ini sesuai namanya digunakan untuk kebutuhan darurat. Misalnya ketika kondisi keuangan kita memburuk. Kita bisa mempergunakannya.
Secara ideal dana darurat itu minimal adalah 6 kali pengeluaran bulanan kita. Misalkan pengeluaran AnDa tiap bulannya adalah RP 5 jut, berarti paling tidak perlu memiliki dana darurat yang nominalnya paling sedikit Rp 30 juta. Dengan begitu ketika ada kondisi darurat, Anda bisa menggunakan dana ini agar bisa tetap survive.

5. Hindari hutang
Apalagi ketika hutang itu merupakan hutang yang sifatnya konsumtif. Ini akan membebani pengeluaran bulanan kita. Kalau saat ini Anda punya hutang, coba upayakan untuk segera melunasinya agar bisa hidup lebih tenang.

6. Ketika penghasilan naik, tabungan pun harus ikut naik
Saat penghasilan Anda meningkat, ikuti dengan dana tabungan yang juga naik. Serta upayakan untuk mengerem gaya hidup Anda. yang banyak terjadi, ketika penghasilan naik biasanya yang banyak meningkat adalah dari sisi gaya hidup. Dari sisi perencanaan keuangan, hal ini tidak baik karena bisa mengerogoti rencana keuangan Anda.

7. Disiplin
Semua apa yang kita rencanakan menjadi tidak ada artinya kalau kita tidak disiplin melakukannya. Untuk itu, selalu disiplin dalam melakukan setiap aksi untuk menyiapkan pensiun Anda itu.


EmoticonEmoticon