Sabtu, 16 September 2017

Apa Itu Reksadana dan Bagaimana Cara Memulai Berinvestasi

aikamedia.com

Berdasarkan Pasal 1 angka 27 UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (“UUPM”) reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.
Reksa dana adalah sebuah wadah yang bertujuan menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang terkumpul tersebut kemudian akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke beberapa instrumen investasi seperti obligasi,, deposito atau saham.
Reksa dana merupakan sebuah instrumen investasi yang telah terdaftar dan juga diawasi oleh OJK. Disamping itu, manajer investasi yang mengelolanya juga sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK. Oleh sebab itu anda tidak perlu merasa khawatir dana akan kehilangan dana anda. Tapi sebelum berinvestasi, maka ada baiknya jika anda mengetahui panduan awal dalam berinvestasi di reksa dana berikut ini.

Memulai Investasi Reksa Dana
Ketahui dulu apa itu reksadana karena sekarang saatnya anda mengetahui cara memulai berinvestasi. Sebelumnya, anda perlu mrentukan tujuan dari investasi dan juga memahami profil risiko anda. Pahami pula bahwa sepertihalnya investasi lainnya, investasi reksa dana juga memiliki peluang risiko. Diantaranya adalah keuntungan yang tidak dijamin, sehingga bisa saja timbul kerugian yang disebabkan oleh turunnya nilai investasi.
Terdapat lebih dari 800 produk reksa dana yang telah dijual di Indonesia. Luangkanlah waktu anda untuk mempelajari produk, terutama mengenai kebijakan serta risiko investasi. Setelah itu, kenali rekam jejak dan juga reputasi manager invetasi. Pelajari pula tata cara investasi di reksa dana termasuk juga biaya-biaya transaksinya jika ada. Setelah itu, ikuti program aku bisa investasi dan pilihlah produk reksa dana yang sesuai tujuan investasi, kemampuan ekonomi serta profil risiko Anda.
Reksa dana dapat anda beli secara langsung dari lembaga yang mengelola serta menerbitkan produk reksa dana, yaitu manajer investasi. Keuntungan yang didapat dengan membeli langsung melalui MI adalah jumlah investasi yang bisa lebih terjangkau serta biaya yang juga lebih murah. Anda juga bisa membeli reksa dana melalui perantara bank yang mempunyai izin sebagai Agen Penjual Reksa dana (APERD).


EmoticonEmoticon