Senin, 29 Juli 2019

Mengenal Obat Untuk Mual dan Muntah pada Anak


ilustrasi anak mual
Mual dan muntah pada anak adalah hal yang biasa terjadi. Sebagai orang tua, tentunya anda harus siap siaga dalam menghadpai kondisi ini. Sebab, pertolongan pertama pada anak mual dan muntah dapat menentukan kondisi anak secara keseluruhan. Untuk itu, perlu bagi anda mengenali obat mual muntah yang aman untuk bayi.

Berurusan dengan mual dan muntah pada anak, tentu menjadi hal yang seering dihadapi orang tua. Untuk itu, orang tua harus bisa membedakan mana jenis obat yang baik dikonsumsi anak mereka dan mana obat yang tidak dianjurkan untuk digunakan. Salah satu obat mual muntah yang terkenal ampuh menyembuhkan mual dan muntah adalah domperidon. Namun amankah obat tersebut untuk bayi?  

Mengetahui Karakter Obat
Obat muntah mual yang satu ini adalah jenis obat yang masuk dalam golongan antiemetic. Fungsinya adalah untuk meredakan rasa mual, muntah, gangguan perut, rasa tidak nyaman akibat kekenyangan, serta refluks asam lambung (GERD).  Penggunaan obat ini dalam jangka waktu yang pendek, biasanya disertai dengan resep dokter.

Cara kerja obat ini adalah mempercepat proses pencernaan makanan yang ada dalam lambung sehingga dapat dilanjutkan ke usus. Dengan begitu, rasa mual bisa dengan efektif dihentikan.

Yang perlu anda ketahui tentang obat ini adalah, penggunaan untuk wanita hamit harus dengan anjuran dokter. Sedangkan untuk ibu yang dalam masa menyusui, sama sekali tidak disarankan. Jika obat ini hendak digunakan pada anak-anak, wajib bagi anda untuk menanyakan terlebih dahulu terkait dengan dosisnya untuk anak-anak.

Obat ini sebaiknya dikonsumsi 30 menit atau satu jam sebelum makan agar anda dapat melihat efek kerjanya secara optimal. Jangan lupa untuk memberikan jarak waktu atau jeda yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Sebagai catatan, penggunaan obat ini secara normal hanya berlangsung dalam jangka waktu yang pendek, yaitu tidak lebih hanya sekitar 14 hari, dan tidak lebih dari itu. Namun, jika setelah lewat satu minggu dan masih terdapat gejala mual dan muntah, sebaiknya hentikan penggunaan obat tersebut dan konsultasi kembali kepada dokter.


EmoticonEmoticon