Senin, 05 Agustus 2019

Standar Operating Prosedur (SOP) Untuk Penjaga Toko Atau Pramuniaga


Halo agan semua…disini siapa yang baru saja diterima bekerja sebagai pelayan jaga toko atau minimarket? Pastinya senang dong bisa bekerja setelah sekian lama menunggu untuk dapat pekerjaan. Sekilas, pekerjaan ini terlihat gampang karena hanya bertugas melayani setiap pembeli yang datang. Tapi jangan salah, terkadang ada minimarket yang memiliki prosedur kerja atau SOP khusus untuk pegawainya. Nah, supaya kamu tidak terkejut nantinya dengan berbagai aturan pegawai yang mungkin kamu harus taati, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa itu sop atau kira-kira bagaimana standar operating prosedur (SOP) berstandar nasional yang biasanya diterapkan pada minimarket hingga supermarket besar dan sudah terkenal. Mari simak!

1.    Standar Penampilan
Dalam hal penampilan, pihak perusahaan atau pemilik toko biasanya sangat memperhatikan hal ini. Jangan heran, jika pada beberapa minimarket besar banyak pegawainya yang tidak hanya sekedar enak dilihat tetapi juga sengaja dicari yang cantik dan tampan. Ini merupakan salah satu daya tarik dan juga untuk menunjang keberhasilan usaha. Selain enak dilihat, pegawai biasanya diharuskan mentaati beberapa peraturan yang berkaitan dengan penampilan, seperti diantaranya adalah:

-    Rambut rapi, hitam atau tidak diwarnai, khusus untuk laki-laki tidak panjang atau cepak
-    Bagi yang perempuan memiliki rambut panjang harus dirapikan dengan cara diikat
-    Jika diberikan seragam khusus pegawai toko, gunakan seragam saat bekerja. Jika tidak, usahakan untuk menggunakan pakaian yang rapi, sopan dan berwarna cerah
-    Menggunakan tanda pengenal pegawai atau co card
-    Diperbolehkan memakai aksesoris standar seperti jam tangan, anting, bross, cincin kawin
-    Menggunakan celana, sepatu, kaos kaki dan jilbab yang sesuai dengan standar perusahaan
-    Bagi pegawai perempuan diperbolehkan memakai riasan atau make up yang simple, tidak mencolok atau berlebihan
-    Selalu tampil wangi dan bersih

2.    SOP Penyambutan Pelanggan
Dalam hal pelayanan penyambutan kepada setiap pembeli yang datang, pramuniaga juga hendaknya tidak boleh sembarangan. Untuk jenis minimarket dan supermarket terkenal, pastinya mereka memiliki SOP khusus untuk pelayanan pelanggan, termasuk dalam hal penyambutan. Sedemikian pentingnya pelayanan terhadap pelanggan, sampai-sampai saat pertama kali masuk toko, juga ada SOPnya. Apa saja prosedur kerja pramuniaga dalam penyambutan pelanggan, berikut diantaranya:

-    Mengucapkan salam, bisa selamat pagi, siang atau malam
-    Mempersilahkan pembeli masuk dan melihat produk yang ditawarkan
-    Mengatur jarak yang tepat kepada pelanggan agar ia tetap merasa nyaman
-    Memberikan senyum positif
-    Memahami gerak-gerik pelanggan, jika kiranya ada yang perlu dibantu, berikan bantuan sesuai yang dibutuhkan pembeli
-    Menjawab pertanyaan pelanggan dengan baik dan jelas
-    Tetap lakukan pengawasan namun tanpa membuat pelanggan merasa dicurigai

Dari pembahasan yang sudah diberikan tadi, hanya sebagian saja dari SOP yang biasanya diberlakukan untuk pramuniaga, ada prosedur kerja lainnya yang tidak kalah penting untuk dipahami seperti bagaimana cara melayani pelanggan, sistem buka tutup toko, menghitung belanjaan pelanggan dan sebagainya. Beberapa SOP pramuniaga ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Untuk kemudahan dalam memahami setiap SOP yang biasanya harus dilakukan oleh pramuniaga, maka senagaja kami buat artikel per bagian. Jadi, jangan lewatkan pembahasan artikel selanjutnya. Jika artikel ini dirasa bermanfaat dan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan orang lain, jangan ragu untuk membagikannya lewat media sosial, email, chat dan lainnya. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon